Tips Memutihkan Gigi Secara Alami dan Mudah

Tips Memutihkan Gigi Secara Alami dan Mudah

Tips Memutihkan Gigi Secara Alami dan Mudah

Gigi putih pasti menjadi dambaan setiap orang karena hal itu dapat menambah kepercayaan diri dan kecantikan khususnya bagi kaum wanita.

Memiliki gigi putih bersih membuat anda lebih percaya diri saat berbicara dan tersenyum tentu hal tersebut menambah nilai lebih bagi penampilan.

Tentu saja hal tersebut bisa diperoleh dengan perawatan rutin yang anda lakukan setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Ada beberapa hal yang membuat gigi berwarna coklat,kuning dan tidak putih bersih,antara lain disebabkan karena :

Penyebab Gigi Kuning :

  1. Kebiasaan Merokok
  2. Cara menyikat gigi yang salah
  3. mengkonsumsi kopi dan teh
  4. Faktor usia (Usia semakin tua)
  5. Jarang membersihkan gigi
  6. Alkohol

Nah, jika anda bisa mengurangi penyebab gigi menjadi kuning,coklat,kusam dan tidak sehat seperti tersebut diatas maka selanjutnya adalah mengatasinya dengan cara yang alami dan mudah.

Berikut ini beberapa cara alami dan mudah yang dapat memutihkan gigi Anda jika dilakukan secara rutin,teratur dan benar.

Siwak

Siwak sudah sejak lama dikenal sebagai pembersih gigi jauh sebelum adanya pasta gigi. Memakai siwak atau miswak merupakan salah satu cara untuk memutihkan gigi.

Istilah siwak yang kita kenal untuk membersihkan gigi sebenarnya adalah dahan atau bagian dari pohon siwak itu sendiri. Siwak telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga kebersihan dan warna putih alami gigi.

Caranya

Gunakan siwak yang memiliki tekstur lembut, siwak ini bisa didapat dari bagian batang atau akar tanaman siwak,Haluskan siwak tersebut sampai menjadi bubuk, Campurkan bubuk siwak dengan sedikit air lalu oleskan pasta tersebut pada gigi.

Bersihkan atau berkumurlah setelah lima menit, perawatan ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Arang

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa arang bisa memutihkan gigi dengan cepat. Hal ini memang terdengar tidak wajar karena arang tentunya berwarna hitam dan mungkin kita bingung bagaimana arang bisa membersihkan dan menghilangkan noda pada gigi yang berwarna kuning.

Arang mengandung senyawa aktif karbon yang bisa mengikis noda pada enamel gigi dengan cepat. Namun perlu diperhatikan bahwa arang tidak dapat digunakan sebagai bahan perawatan gigi secara rutin.

Caranya

Tumbuklah arang kayu hingga menjadi bubuk, campurkan bubuk arang dengan sedikit air dan oleskan pasta tersebut pada gigi selama beberapa menit.

Kumur dengan menggunakan air hangat dan lihatlah perubahannya, Ingatlah untuk hanya menggunakan arang maksimal dua kali dalam sebulan saja karena arang bisa merusak lapisan pelindung gigi dan mengakibatkan gigi menjadi sensitive.

Baking soda dan lemon

Sodium bikarbonat atau yang lebih dikenal dengan nama baking soda, adalah salah satu bahan yang bisa ditemukan di hampir setiap dapur.

Baking soda memiliki sedikit sifat abrasif yang dapat membersihkan noda pada permukaan gigi, sedangkan sifat basanya bisa membantu mengurangi keasaman di dalam rongga mulut.

Sementara itu buah lemon yang bersifat asam akan membantu menghilangkan perubahan warna pada gigi sekaligus menjadi antiseptik alami.

Caranya :

Siapkan masing-masing 1 sendok teh baking soda dan air perasan jeruk lemon serta sikat gigi,Campur kedua bahan dan gunakan sebagai pasta gigi,biarkan selama 2-3 menit lalu kumur dengan air hingga benar-benar bersih.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, coba ulangi perawatan ini dua kali seminggu pada awalnya lalu 7-10 hari sekali.

Penting!

Pastikan Anda tidak membiarkan kedua campuran bahan ini terlalu lama di dalam mulut Anda.

Cuka Apel

Bahan alami lainnya yang dapat membantu memutihkan gigi secara alami dan mudah adalah cuka apel, bahan  ini sangat efektif sebagai antibiotik alami sekaligus pembersih gigi dari noda yang sulit hilang.

Terutama noda akibat sering minum kopi dan dampak paparan nikotin dari merokok yang membandel dan susah hilang hanya dengan kumur atau menggosok gigi saja.

Cuka sari apel mengandung senyawa asam asetat, kalium, magnesium, probiotik dan enzim yang mampu membunuh kuman serta bakteri berbahaya dan mendorong pertumbuhan bakteri probiotik yang baik bagi pencernaan.

Karena itu, bisa membantu memecahkan plak atau zat-zat lainnya yang menempel pada gigi, tingkatan pH cuka sari apel juga dapat menghapus noda dari gigi Anda.

Maka tidak salah jika cuka sari apel disebut dapat membantu memutihkan gigimu secara alami, kunci menggunakan cuka sari apel untuk memutihkan gigi adalah konsistensi.

Gunakan selama setidaknya satu bulan secara terus-menerus untuk mendapatkan hasil terbaik.

Strawbery

Buah strabery tidak hanya enak dikonsumsi, strawberry mengandung vitamin C dan asam ellagic yang dapat membantu memutihkan gigi.

Efek pemutih yang ditimbulkan oleh strawberry bisa didapat dalam waktu yang singkat bahkan hanya dengan mengunyahnya saja.

Caranya :

Pilihlah buah strawberry yang sudah matang, kemudian cuci bersih lalu Strawberry bisa langsung digosokkan pada gigi dan diamkan selama beberapa menit, kemudian berkumurlah dengan air hangat.

Atau haluskan sebuah strawberry dan campurkan dengan satu sendok teh baking soda,Oleskan pasta strawberry pada gigi dan biarkan selama dua menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam satu pekan, amat disarankan agar jangan mengolesnya. Pasalnya jika dioleskan secara berlebihan, liquid acid atau asam buah yang berada pada buah stroberi bisa membuat lapisan email pada gigi menipis.

Dan hal ini justru membuat gigi rentan berlubang.,disamping itu, kamu bisa juga menderita diare. Semoga hasil dari tips dan cara memutihkan gigi dengan stroberi ini bisa membuat kamu tampil lebih pede.

Garam dan Lemon

Bahan alami pemutih gigi lainnya yang bisa Anda coba adalah lemon dan garam,garam dan lemon bisa jadi perpaduan ampuh untuk menghilangkan warna kuning pada gigi.

Lemon mengandung vitamin C dan asam yang dapat melunakan plak gigi serta bisa membantu melunturkan noda pada lapisan enamel.

sedangkan garam mempunyai butiran halus yang dapat bertindak layaknya scrub pengangkat kotoran.

Keduanya tentu menjadi kombinasi yang pas untuk memutihkan gigi secara alami.

Caranya :

Campurkan garam bersama dengan perasan lemon, gunakan campuran tadi untuk menggosok gigi

Lakukan sehabis bangun tidur dan akhiri dengan berkumur air hangat.

Untuk hasil yang maksimal lakukan langkah tersebut 2-3 kali seminggu

Kunyit

Bahan yang satu ini pasti anda kenal sebagai salah satu bumbu dapur yang selalu mudah anda jumpai dan dapatkan. Kunyit memang kerap digunakan sebagai pewarna alami pada makanan.

Kunyit memiliki sifat abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda di gigi, hal ini juga akan membuat gigi dan gusi Anda bebas dari mikroba berbahaya.

Caranya

Siapkan 1/8 sendok teh bubuk kunyit dan sikat gigi,aburkan bubuk kunyit pada sikat gigi Anda dan mulailah menyikat gigi seperti biasa

Biarkan selama 2-3 menit lalu kumur dengan air bersih, setelah itu sikat gigi Anda menggunakan pasta gigi biasa.

Perawatan ini bisa menjadi cara memutihkan gigi dengan cepat, Anda bisa mengulanginya lagi setelah beberapa hari.

Kulit Jeruk

Anda pasti tidak menyangka jika kulit jeruk dapat memutihkan gigi bukan ? Siapa sangka ternyata bagian dalam kulit jeruk dapat digunakan untuk memutihkan gigi?

Apabila kamu manfaatkan secara berkala, kandungan mineral pada kulit jeruk sangat efektif untuk menghilangkan plak yang menempel pada gigi.

Disamping itu, kulit jeruk juga mengandung malic acid dengan kemampuan menghilangkan noda pada gigi secara baik.

Caranya :

Ambil kulit jeruk kemudian bersihkan lalu gosok-gosokkan saja kulit jeruk bagian dalam pada gigi selama lebih 2 menit setiap hari.

Lalu, kamu bisa mengukur tingkat kecerahan gigi dengan alat monitoring warna yang biasa terdapat pada box pasta gigi.

Lakukan kurang lebih satu minggu, bandingkan warna gigi kamu sebelum dan sesudah menggunakan kulit jeruk bagian dalam.

Minyak Kelapa

Anda pasti tidak menyangka bahwa minyak kelapa ternyata dapat digunakan untuk mencegah plak sekaligus menjadikan gigi anda yang bermula kuning menjadi lebih putih dan bersih.

Minyak kelapa merupakan minyak nabati hasil ekstrak dari daging kelapa dan memiliki jenis lemak yang dibilang cukup unik dan kaya akan manfaat, karena keseluruhan dari lemak tersebut terbuat dari Medium Chain Triglycerides (MCTs).

Caranya :

Siapkan satu sendok makan minyak kelapa, oleskan minyak kelapa ke gigi anda secara merata dan diamkan selama 10-15 menit

Ludahkan minyak kelapa tadi dan kumur mulut anda dengan air bersih, terakhir sikat gigi anda seperti biasa.

Artikel Lainnya :

6 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Check Also

Tips Mencegah Tangan Kering Akibat Sering Cuci Tangan

Tips Mencegah Tangan Kering Akibat Sering Cuci Tangan Mencuci tangan saat ini sudah menjadi kebiasaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *