Tips Ampuh Menurunkan Kolesterol Dengan Bahan Alami

Tips Ampuh Menurunkan Kolesterol Dengan Bahan Alami

Pada dasarnya semua orang memiliki kolesterol karena merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Kolesterol belakangan ini lebih sering disebut sebagai penyakit, dimana jika kolesterol dalam darah melampaui kadar normal.

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh menjadi pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Info Lainnya :

7 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Manfaat Putih Telur Untuk Kecantikan Wajah Alami

Sebelum kita bahas lebih jauh lagi, perlu Anda ketahui bahwa kolesterol tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh. Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol LDL.

Jenis kolesterol inilah yang berbahaya bagi tubuh, sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja.

Di jaman yang serba instan ini kolesterol tinggi tidak hanya mengincar orang tua saja, nyatanya anak-anak pun bisa mempunyai kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan asupan dan pola makanan yang tidak terjaga. Terutama jika anda lebih sering mengkonsumsi makanan yang berlemak.

Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh Anda, maka penumpukan lemak akan semakin memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Contoh makanan berlemak adalah; gorengan, daging kambing, susu, dan masih banyak lagi.

Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Dengan Bahan Alami

Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, maka akan menimbulkan penyumbatan aliran darah. Tentu saja timbunan lemak jahat itu akan mengganggu suplai makan menuju jantung. Hal inilah yang akan memicu penyakit jantung dan stroke.

Kadar kolesterol tinggi seringkali dikaitkan pada mereka yang bertubuh besar atau obesitas, namun nyatanya orang kurus pun dapat mempunyai kolesterol tinggi jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh tidak dijaga dengan baik.

Ketika Anda terlanjur mempunyai kadar kolesterol tinggi maka sebaiknya Anda mulai menjaga dan mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Mulai ubah pola hidup Anda dan terapkan pola hidup sehat.

 Tidak perlu terlalu khawatir jika Anda atau kerabat memiliki kolesterol yang tinggi. Karena biasanya jika kita terlalu berat memikirkan kolesterol ini, maka akan berakibat stres dan malah semakin membuat kolesterol meningkat dan darah tinggi.

Sebagian orang mengartikan ciri-ciri kolesterol tinggi pada tubuh adalah sering kesemutan, nyeri pada tengkuk dan mudah lelah, tapi sebaiknya untuk memastikannya anda harus cek darah ke dokter.

Jika terbukti kolesterol pada tubuh anda tinggi anda akan diberi resep obat untuk menurunkan kolesterol. Namun biasanya disinilah letak salah yang fatal, banyak pasien yang kemudian ketergantungan dengan obat kolesterol.

Mereka berpikir dengan mengkonsumsi obat setiap hari kolesterol akan turun tanpa memperhatikan pola makan mereka setiap harinya. Bukankah kita tahu jika obat-obat medis hanya alat sementara dan tidak baik untuk jangka panjang ?

Maka dari itu alangkah lebih baik jika kita membuka wawasan kita. Banyak disekitar kita obat alami untuk menurunkan kolesterol.

Berikut  cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa Anda manfaatkan agar tidak tergantung pada obat-obatan :

Anggur Merah

Buah anggur memiliki kandungan anti-oksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba.

Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Memang buah anggur harganya lumayan mahal tapi jika kita tahu manfaat yang dimiliki buah anggur rasanya sebanding harganya.

Minumlah jus anggur minimal sehari sekali secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh atau dapat juga dimakan biasa. Pada sebuah penelitian oleh The Department Of Metabolism and Nutrition di Universidad Complutense de Madrid menemukan fakta bahwa konsumsi anggur merah dapat menurunkan LDL sebesar 9-12%.

Mengkonsumsi Oatmeal

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi makanan berat, seperti nasi, mie atau roti untuk sarapan pagi. Belum lagi ditambah dengan lauk yang bervariasi yang sebagian besar mengandung protein dan lemak untuk meningkatkan energi.

Namun bagi penderita kolesterol sebaiknya mulai sekarang ganti sarapan anda dengan semangkuk oatmeal dan buah segar. Oatmeal adalah makanan alami yang terbuat dari gandum utuh dan kaya akan serat yang larut dalam cairan dan beta glukan. Kedua bahan tersebut secara efektif akan menurunkan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Memang kalau anda belum terbiasa rasanya agak sedikit aneh dilidah untuk itu sebaiknya dikonsumsi dengan buah-buahan seperti : pisang,anggur,stoberi atau ditambah kacang almond. Jika anda konsumsi setiap hari lama-lama anda akan terbiasa dengan rasa oatmeal tersebut.

Oatmeal kaya akan serat yang sanggup menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Mulai sekarang jadikan sarapan oatmeal sebagai kebiasaan agar kadar kolesterol Anda menurun drastis.

Kulit Buah Manggis

Tidak hanya buahnya yang bisa Anda makan, kulit manggis juga memiliki banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Kulit manggis mengandung xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat anti-kanker dan anti-oksidan, jauh lebih kuat dibandingkan vitamin C dan E.

Anda bisa memilih mengkonsumsi ektrak kulit manggis yang banyak beredar di pasaran. Pastikan dulu kemasan dan kandungan yang ada didalamnya,dan teliti produk tersebut apakah terdaftar dan berijin BPOMsebelum membelinya.

Selain itu anda juga bisa membuat sendiri dengan memblender kulit manggis lalu meminumnya langsung.

Ikan dan Omega 3

Urgensi memakan ikan dan omega 3 sangat tinggi untuk mencegah beberapa penyakit sehingga dianjurkan untuk dapat mengkonsumsi ikan secara teratur.

Diet kaya omega 3 dapat menurunkan resiko jantung, mengurangi resiko pengentalan darah dan juga bisa menurunkan tekanan darah. Para ahli kesehatan dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti menganjurkan untuk memakan ikan kaya omega 3 sebanyak 2 kali dalam seminggunya.

Studi yang pernah dilakukan di Norwegian University of Science and Technology menemukan hasil bahwa pengidap diabetes tipe 2 yang banyak mengonsumsi ikan yang kaya omega 3 selama 9 minggu ternyata mengalami penurunan konsentrasi dan ukuran jenis kolesterol di dalam tubuhnya.

Konsumsi Virgin Coconut Oil

Virgin Coconut Oil adalah jenis minyak kelapa murni yang diolah dengan cara modern. Minyak didapatkan dengan mengambil ekstrak murni dari kelapa. Minyak ini berbeda dengan jenis minyak kelapa yang sering digunakan sebagai minyak tradisional untuk memasak.

VCO yang berkualitas memiliki tanda seperti aroma kelapa yang kuat, rasa kelapa yang kuat dan tidak berwarna atau sangat jernih. Kandungan asam laurat dalam VCO dipercaya bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Bahkan VCO adalah obat alami sebagai obat bisul.

Cara : tambahkan beberapa sendok minyak VCO organik dalam salad atau berbagai masakan Anda. Anda juga bisa minum VCO sebanyak 1 atau 2 sendok teh setiap pagi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan terbukti memiliki kandungan serat yang tinggi dan sebagai sumber protein nabati paling besar. Selain itu kacang-kacangan juga mengandung sterol yang akan meningkatkan proses pencernaan dan pengeluaran kolesterol dalam tubuh.

Untuk itu biasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung kacang seperti : tempe, tahu, susu kedelai dan kacang almond.

Minum Teh

 Menurut penelitian teh mengandung epigallocatechin gallate (EGCG)  yang merupakan komponen bioaktif paling dominan di dalam teh terbukti bisa mencegah terjadinya percepatan (akselerasi) oksidasi kolesterol jahat (LDL).

Dengan rutin mengkonsumsi teh terutama teh hitam dan teh hijau setiap hari dalam jumlah yang wajar akan bermanfaat mengurangi terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang bisa memicu penyakit jantung.

Kolesterol baik dibutuhkan oleh tubuh, sedangkan kolesterol jahat dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh.

Cara menurunkan kolesterol jahat yang berlebih dalam tubuh ialah dengan konsisten mengonsumsi the hitam atau teh hijau yang telah terbukti baik secara ilmiah maupun empiris dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.

Mulai sekarang, catat dan konsumsilah makanan dan minuman di atas secara teratur dan konsisten. Sebaiknya minum teh tanpa tambahan gula dan selalu perhatikan asupan gizi agar seimbang.

Beras Merah

Apakah Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi nasi putih? Untuk menurunkan kolesterol maka sebaiknya mulailah mengkonsumsi beras merah yang lebih sehat. Beras merah mengandung kulit alami pada bagian terluar yang bisa menjadi serat dan mengandung vitamin B yang cukup tinggi.

Kandungan nutrisi seperti mineral dan vitamin alami dalam beras merah bekerja untuk meningkatkan metabolisme dan mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Selain itu sebenarnya beras merah juga mengandung minyak sehat yang akan melawan efek kolesterol buruk dalam tubuh. Jadi mulai sekarang sebaiknya mulailah mengkonsumsi beras merah yang lebih sehat.

BawangPutih

Bawang putih (Allii bulbus) selain dikenal sebagai bumbu dapur ternyata memiliki manfaat sebagai penurun kolesterol secara alami. Bahan aktifnya s-allyl cysteine, suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik. Studi di Munich University, Jerman, menemukan bahwa menambahkan bawang putih ke dalam diet akan menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan.

Mengonsumsi bawang putih segar sering jadi masalah bagi banyak orang karena rasa yang tidak enak dan aromanya menyengat.

Cara Pemakaian: Ambil 1 – 2 siung bawang putih, iris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil, lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari. Namun ada cara lain supaya lebih mudah masuk ke tubuh kita. Bawang putih bisa dikreasikan dengan buah-buahan yang enak, menjadi jus kaya manfaat.

Alpukat

Buah alpukat selain enak untuk dimakan dan dicampurkan dalam berbagai macam minuman ternyata juga memiliki banyak manfaat. Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah.

Dengan mengkonsumsi alpukat seminggu 3 kali akan membantu anda menurunkan kadar kolesterol ditubuh anda dan melancarkan buang air besar karena mengandung serat.

Olah raga

Cara alami lain dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Dengan melakukan olahraga tubuh anda akan sering  bergerak dan beraktivitas sehingga peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar.

Anda tidak harus melakukan olahraga berat, cukup dengan jogging, bersepeda atau yoga secara rutin setiap hari. Cukup 30 menit sehari agar tubuh anda selalu sehat dan bugar.

                 Nah, itulah beberapa cara menurunkan kolesterol dengan mudah dari bahan alami yang dapat anda coba dirumah. Mulailah melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung lemak berlebih. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainya :

Manfaat Putih Telur Untuk Kecantikan Wajah Alami

Tips Mencegah Tangan Kering Akibat Sering Cuci Tangan

Check Also

Penyebab dan Tanda Penyakit Maag Yang Tidak Boleh Disepelekan

Penyebab dan Tanda Penyakit Maag Yang Tidak Boleh Disepelekan Penyakit maag sering  tidak terlalu dianggap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *