Penyebab dan Tanda Penyakit Maag Yang Tidak Boleh Disepelekan

Penyebab dan Tanda Penyakit Maag Yang Tidak Boleh Disepelekan

Penyebab dan Tanda Penyakit Maag Yang Tidak Boleh Disepelekan

Penyakit maag sering  tidak terlalu dianggap serius oleh sebagian orang, karena bagi mereka penyakit ini tidak berbahaya. Namun jika anda biarkan penyakit maag bisa berdampak serius bagi tubuh anda.

Penyakit maag adalah luka yang menyakitkan yang dapat ditemukan pada lapisan lambung atau pada bagian usus kecil.

Salah satu yang disangkutkan dengan penyakit maag adalah perut kembung, selain itu juga dianggap sebagai  salah satu gejala masuk angin.

Istilah masuk angin sendiri adalah kumpulan berbagai macam keluhan tidak merasa enak pada badan.

Artikel Lainnya :

Tips Ampuh Menurunkan Kolesterol Dengan Bahan Alami

7 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Namun yang perlu diingat, tidak semua perut kembung adalah gejala masuk angin. Dalam banyak kasus, perut kembung juga merupakan gejala dari serangan jantung.

Menurut Prof Dr Budhi Setianto, SpJP, FIHA dari Pusat Jantung Nasional, gejala serangan jantung yang lebih spesifik disertai nyeri dada.

“Nyeri dada pada serangan jantung bukanlah nyeri pada tulang atau kulit, tetapi nyeri dari dalam dan rasanya tidak hilang-hilang.

Kalau sudah seperti itu dan memang punya faktor risiko jangan dikerok, langsung saja dibawa ke rumah sakit,” pesan Prof Budhi (Sumber : detikHealth )

Sementara itu, perut kembung juga kerap disangka gejala dari sakit mag.

Padahal menurut dokter spesialis penyakti dalam, dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH dari RS Mayapada Tangerang mengatakan bahwa gejala sakit mag mirip dengan gejala sakit jantung.

“Kalau seseorang dengan faktor risiko yang banyak untuk penyakit jantung, mengeluh sakit mag, mungkin kita pikirkan bukan sakit mag dulu.

tapi selalu pikirkan sakit jantung yang memang sedang menyerang, khususnya bagian bawah jantung,” ujar dr Hendra.

Maka jika mengalami perut kembung yang disertai dengan nyeri dada, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk diagnosis. Salah-salah penanganan, bisa jadi berakibat fatal.

Tanda Tanda Penyakit Maag

Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui, mengenai gejala, tanda tanda dan ciri ciri. Berikut Tanda Tanda Penyakit Maag adalah :

  • Bau Mulut

Penyebab bau mulut sangat beraneka ragam, ada yang di akibatkan oleh makanan seperti petai, jengkol, daging merah dan durian.

Dan alkohol, kopi, merokok, berpuasa dan jarang menyikat gigi, penyakit amandel, serta tidak terkena nasi merupakan pemicunya juga.

Menimbulkan rasa tidak pede saat berbicara itu pasti. Makannya solusi yang paling tepat adalah dengan menggunakan daun mint yang dikunyah langsung tapi sebelumnya di bersihkan. Bau mulut juga termasuk bagian dari Tanda Tanda Penyakit

  • Sendawa

Tanda Tanda Penyakit Maag adalah mengeluarkan sendawa atau berdahak dengan sering. Hal ini di alami oleh siapa saja, dari usia muda hingga tua.

Tapi sering kali bersendawa sering di artikan sebagai ciri ciri penyakit masuk angin yang ingin menyerang tubuh. dan ternyata penyakit maag juga bisa mengalaminya.

  • Sakit sampai ke ulu hati

Merasakan hal sampai ke ulu hati ini dapat terjadi bila kita mengalami Tanda Tanda Penyakit Maag. penyakit ini merupakan penyakit yang memiliki resiko tinggi dan harus di obati dengan baik.

Jangan pernah membiarkan penyakit ini terlalu lama, karena bisa berefek buruk bagi kesehatan. semua orang bisa mengalaminya, baik anak anak maupun orang dewasa.

masih banyak gejala yang terjadi pada penderita maag akut ini dan akan kami jelaskan pada penjabaran yang tertera berikutnya.

Setelah anda mengetahui tanda tanda dari penyakit maag, ada baiknya jika anda juga tahu faktor yang menyebabkan penyakit maag pada tubuh anda.

  • Mual

Rasa mual yang di alami pada siapa pun, pasti ada masalah yang menimpa pada tubuh.dan biasanya penyakit ini, jika ingin makan dan minum tidak bisa menerimanya yang nantinya akan di muntahkan kembali.

Banyak penyakit yang memberikan tanda awalnya seperti ini. seperti penyakit tifus dan tanda tanda penyakit maag.

Jangan pernah menganggap penyakit ini sebagai penyakit yang kecil, walaupun memang tidak sulit untuk di lakukan penyembuhan, tapi lebih baik, buanglah sikap seperti itu, yang bisa mengakibatkan masalah yang di alaminya tambah parah.

Minumlah air hangat, karena itu salah satu cara yang bisa di lakukan untuk menyembuhkan maag. Masih banyak gejala lainnya yang bisa terjadi, bila menyinggung masalah penyakit maag.

  • Muntah

Siapa pun pernah muntah, di mana di dalam isi perutnya yang terdapat banyak jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi akan di keluarkan kembali dan di muntahkan.

Tanda Tanda Penyakit Maag ini juga bisa mengalaminya, yang bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas. Masalah seperti ini memang tak obatnya dan lebih baik meminum air putih hangat atau beristirahat dengan cukup.

Bagi yang memiliki riwayat penyakit maag, otomatis akan mengalami kondisi yang telah di jelaskan di atas. apabila kemuntahan yang terjadi secara terus menerus dan tak kunjung sembuh dapat mengkonsultasikan pada dokter yang nantinya di tangani dengan cara yang tepat

  • Nyeri perut

Dapat di artikan di banyak jika perut mengalami rasa  nyeri ini. jika ingin datang bulan, telat makan dan Tanda Tanda Penyakit Maag. Menyinggung masalah maag ini, kalian bisa mengobati penyakit ini sampai kelar.

Penyakit ini sangat berbahaya dan mengandung resiko yang tinggi. jadi perlu berhati hati lagi akan hal ini dan bila ke nyeriannya tak kunjung sembuh, lakukan pengkonsultasian pada dokter terlebih dahulu, agar tidak di lanjuti dengan segera.

Nyeri perut ini bisa di sembuhkan dengan menggunakan bahan alami atau tidaknya, tergantung dari kalian ingin memaki cara yang mana.

  • Air liur lebih banyak di produksi

Jika air liur yang di keluarkan banyak, maka itu pertanda bahwa sedang mengalami sesuatu hal yang buruk.

Contohnya seperti Tanda Tanda Penyakit Maag ini yang bisa terjadi kondisi serupa dengan yang di atas. apabila terjadinya seperti ini lakukan tindakan yang tepat agar tidak menghasilkan air liur lebih banyak.

Caranya yaitu kunyah permen karet yang cara ini juga merupakan sebagian dari cara mengatasi maag dengan mudah.

Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, inilah beberapa penyebab penyakit maag menyerang tubuh anda.

1. Makanan

Ternyata ada banyak makanan yang bisa menyebabkan perut kembung. Makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan misalnya.

Menurut ahli pencernaan dari Digestive Center for Women, Washington DC, Dr Robynne Chutkan, bahan kimia pada pemanis buatan sulit diserap usus kecil dan tidak bisa difermentasi oleh bakteri. Akibatnya, akan terbentuk banyak gas di lambung.

Lagipula, terlalu banyak konsumsi gula juga bisa memicu timbulnya bakteri jahat dan mengakibatkan ketidakseimbangan mikrobiota di saluran cerna.

Beberapa jenis sayuran seperti kubis, kembang kol, kale, dan brokoli juga bisa menyebabkan perut kembung karena mengandung pati yang disebut raffinose.

Senyawa tersebut sulit dicerna dan bisa berubah menjadi gas metana. Untuk itu, Chutkan menekankan bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi sayuran itu, mengonsumsinya langsung dalam jumlah banyak bisa membuat perut kembung.

  1. Terkena Celiac

Jika perut kembung dibarengi rasa sakit, bisa jadi terkena celiac. Yaitu suatu intoleran terhadap gluten yang tidak ditangani dengan baik. Penyakit celiac adalah salah satu penyakit autoimun.

Tingkatan penyakit ini sendiri lebih tinggi dari sekadar alergi atau intoleransi makanan karena usus orang dengan celiac bisa rusak jika mengonsumsi gluten.

“Perut kembung, mau muntah, dan kelelahan dapat dikaitkan dengan intoleransi gluten dan dapat dikelola dengan mengikuti diet bebas gluten,” ungkap Prof Davis Sanders, ahli pencernaan.

  1. Penyakit jantung

Bila perut kembung disertai dengan rasa sakit di dada kemungkinan adanya gejala penyakit jantung. Menurut dr Dito Anurogod dari medical doctor at Indonesian Young HealthProffesional’s Society (IYHPS), tanda tersebut dibarengi dengan sesak napas bisa jadi merupakan gejala dini serangan jantung (heart attack) yang dapat menyebabkan kematian.

Maka dari itu, dr Dito menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan untuk menegakkan diagnosis.

  1. GERD ( Gastro-oesophageal reflux disease)

Salah satu gejala penyakit GERD (Gastro-oesophageal reflux disease) adalah perut kembung disertai nyeri di dada (heartburn). GERD merupakan penyakit saluran pencernaan yang terjadi jika asam lambung naik atau kembali ke kerongkongan.

Sensasi terbakar atau nyeri terkadang mencapai ke kerongkongan diiringi rasa asam di mulut. Sekitar tujuh persen populasi mengalami heartburn setiap pagi.

  1. Irritable Bowel Syndrome

Jika sering mengalami kembung dan sendawa yang kronis, mungkin perlu mewaspadai jika hal ini merupakan gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome).

Dikutip dari Everyday Health, orang dengan IBS sering mengalami kembung yang tidak disertai dengan penambahan volume gas pada usus, hal ini disebabkan karena hipersensitivitas viseral terhadap volume gas dan menyebabkan gangguan pasase gas.

IBS dapat menyebabkan perut kembung, keinginan untuk terus menerus bersendawa, dan rasa tidak nyaman di perut karena sembelit atau diare yang membuat Anda menghabiskan lebih banyak waktu di kamar mandi.

Penyebab dan Tanda Penyakit Maag Yang Tidak Boleh Disepelekan

Demikian seputar penyakit maag tentang tanda-tanda penyakit maag dan penyebabnya yang dapat anda ketahui.

Mulailah hidup sehat dari sekarang sesuai anjuran Menkes dengan menjaga pola makan dan gaya hidup anda agar selalu sehat dalam melakukan segala aktivitas anda.

Semoga bermanfaat.

Info lainnya :

Manfaat Putih Telur Untuk Kecantikan Wajah Alami

Check Also

Tips Ampuh Menurunkan Kolesterol Dengan Bahan Alami

Tips Ampuh Menurunkan Kolesterol Dengan Bahan Alami Pada dasarnya semua orang memiliki kolesterol karena merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *